Teori Belajar Ausubel dan penerapannya dalam pembelajaran IPA SD
Menurut Ausubel yang menjadi inti daripada belajar adalah belajar
bermakna bukan belajar hapalan. Belajar bermakna adalah suatu proses yang
dikaitkan dengan informasi baru pada konsep-konsep relevan yang terdapat pada
struktur kognitif seseorang.
Ada dua prinsip menurut Ausubel dalam mengaitkan konsep-konsep pada
struktur kognitif seseorang, yaitu:
1.
Prinsip diferensiasi
progresif yakni cara penyajian konsep-konsep yang dimulai dari konsep umum
kemudian dilanjutkan kepada konsep-konsep yang lebih khusus.
2.
Prinsip Rekonsiliasi
Integratif yakni menghubungkan informasi
yang baru untuk di integrasikan pada konsep-konsep yang sudah dimiliki oleh
seseorang individu.
Dalam penerapannya Ausubel membuat peta hirarki konsep-konsep dimana
konsep- konsep yang bersifat umum berada di puncak hirarki dan semakin kebawah konsep-konsep diurutkan lebih khusus, ada empat
ciri peta konsep Ausubel, yakni:
1.
Pemetaan konsep merupakan
suatu cara untuk memperlihatkan konsep-konsep dan organisasi dalam suatu bidang
studi. Ini berlaku bukan hanya untuk bidang studi Ipa
2.
Suaatu peta konsep
merupakan suaatu gambaran/diagram dua dimensi daari suaatu disiplin atau suatu
bagian dari suatu disiplin.
3.
Dari setiap konsep, konsep
yang paling umum (inklusif) terdapat pada puncak konsep, makin kebawah
konsep-konsep menjadi lebih khusus sampai pada pemberian contoh-contoh.
Suatu peta konsep memmuat hierarki konsep-konsep. Makin tinggi suatu hierarki
yang ditunjukkan maka makin tinggi nilai peta konsep itu.
Apakah ada contoh penerapannya secara konkrit di dalam kelas? Karena saya masih bingung dalam menerapkan di kelas. terima kasih
BalasHapussekarang kita kenal dengan pembelajaran proyek pak
Hapus