ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU 1 (APKG 1) PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP

ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU 1 (APKG 1)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP
1.       Nama Guru/Mahasiswa
Linda Asmara
2.       NIM
826162406
3.       Tempat Menggajar
 SD Islam Azhariyah
4.       Model PKR
 222
5.       Kelas/Semester
 V/1 dan VI/1
6.       Mata Pelajaran
 1. IPA

2.   IPS
3.       Waktu
 07.15-09.00.
4.       Tanggal
        Oktober 2016

PETUNJUK
            Baca dengan cermat Rancangan PKR yang akan digunakan oleh guru/ mahasiswa untuk praktek PKR di kelasnya sendiri. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat dalam rancangan tersebut dengan menggunakan butir penilaian di bawah ini.
1.      Menentukan bahan pembelajaran dan merumuskan tujuan/ indikator
1
2
3
4
5
1.1.Menggunakan bahan pembelajaran yang sesuai.





dengan Standar Isi dan Kompetensi











1.2.Merumuskan tujuan/ indikator pembelajaran












Rata – rata butir 1 = A







2.      Mengembangkan & mengorganisasikan materi, media pembelajaran, dan sumber belajar





2.1.Mengembangkan dan mengorganisasikan materi





      dari model PKR yang dipilih.











2.2.Menentukan dan mengembangkan alat bantu/ media pembelajaran.











2.3.Memilih sumber belajar.












Rata – rata butir 2 = B







3.      Merencanakan skenario kegiatan pembelajaran kelas rangkap





3.1.Menyusun langkah-langkah pembelajaran kelas





rangkap.


3.2.Menentukan alokasi waktu pembelajaran kelas rangkap.











3.3.Menentukan cara-cara memotivasi siswa.












Rata – rata butir 3 = C


4.      Merancang pengelolaan kelas





Menentukan cara-cara pengorganisasian siswa agar





dapat berpartisipasi dalam pembelajaran kelas rangkap.






Rata – rata butir 4 = D







5.      Merencanakan prosedur, jenis, dan menyiapkan alat penilaian





5.1.Menentukan prosedur dan jenis penilaian.











5.2.Membuat alat-alat penilaian dan kunci jawaban.












Rata – rata butir 5 = E







6.      Tampilan dokumen rancangan pembelajaran kelas rangkap





6.1.Kebersihan dan kerapian.











6.2.Pengguanaan bahasa tulis.












Rata – rata butir 6 = F


Nilai APKG I = R                                                            Lubuklinggau,       Oktober 2016
     Pengamat



Mesagus Syaiful Amin, S.Pd
NIP. 19680818200701 1 009

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teori Belajar Ausubel dan penerapannya dalam pembelajaran IPA SD

CONTOH SOAL ASESMEN SUMATIF AKHIR KELAS 3

MAKALAH WACANA BAHASA INDONESIA