ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU 1 (APKG 1) PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP
ALAT
PENILAIAN KEMAMPUAN GURU 1 (APKG 1)
LEMBAR
PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN
KELAS RANGKAP
1. Nama
Guru/Mahasiswa
|
Linda Asmara
|
2. NIM
|
826162406
|
3. Tempat
Menggajar
|
SD Islam Azhariyah
|
4. Model
PKR
|
222
|
5. Kelas/Semester
|
V/1 dan VI/1
|
6. Mata Pelajaran
|
1. IPA
|
|
2. IPS
|
3. Waktu
|
07.15-09.00.
|
4. Tanggal
|
Oktober 2016
|
PETUNJUK
Baca
dengan cermat Rancangan PKR yang akan digunakan oleh guru/ mahasiswa untuk
praktek PKR di kelasnya sendiri. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat
dalam rancangan tersebut dengan menggunakan butir penilaian di bawah ini.
1.
Menentukan
bahan pembelajaran dan merumuskan tujuan/ indikator
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1.1.Menggunakan
bahan pembelajaran yang sesuai.
|
|
|
|
|
|
dengan Standar Isi dan Kompetensi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2.Merumuskan
tujuan/ indikator pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rata – rata butir 1 = A
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
2.
Mengembangkan
& mengorganisasikan materi, media pembelajaran, dan sumber belajar
|
|
|
|
|
|
2.1.Mengembangkan
dan mengorganisasikan materi
|
|
|
|
|
|
dari
model PKR yang dipilih.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.2.Menentukan
dan mengembangkan alat bantu/ media pembelajaran.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.3.Memilih
sumber belajar.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rata – rata butir 2 = B
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
3.
Merencanakan
skenario kegiatan pembelajaran kelas rangkap
|
|
|
|
|
|
3.1.Menyusun
langkah-langkah pembelajaran kelas
|
|
|
|
|
|
rangkap.
|
3.2.Menentukan
alokasi waktu pembelajaran kelas rangkap.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.3.Menentukan
cara-cara memotivasi siswa.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rata – rata butir 3 = C
|
|
4.
Merancang
pengelolaan kelas
|
|
|
|
|
|
Menentukan
cara-cara pengorganisasian siswa agar
|
|
|
|
|
|
dapat berpartisipasi dalam pembelajaran kelas
rangkap.
|
|
|
|
|
|
|
Rata – rata butir 4 = D
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
5.
Merencanakan
prosedur, jenis, dan menyiapkan alat penilaian
|
|
|
|
|
|
5.1.Menentukan
prosedur dan jenis penilaian.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.2.Membuat
alat-alat penilaian dan kunci jawaban.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rata – rata butir 5 = E
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
6.
Tampilan
dokumen rancangan pembelajaran kelas rangkap
|
|
|
|
|
|
6.1.Kebersihan
dan kerapian.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.2.Pengguanaan
bahasa tulis.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rata – rata butir 6 = F
|
|
Pengamat
Mesagus Syaiful
Amin, S.Pd
NIP. 19680818200701
1 009
Komentar
Posting Komentar