Tip's agar dapat Syncronisasi Aplikasi Dapodik V.2.0.4

Banyak rekan-rekan yang mengeluhkan data PD yang sudah diisi dan benar pada v.2.0.3 tapi tetap merah pada v.2.0.4 ini dikarenakan pada waktu registrasi siswa ybs masih salah karena tahun masuk siswa tidak sesuai dengan acuan. Untuk kls 1 sekarang registrasinya adalah 15 juli 2013 dan kelas 2 sekarang adalah 16 juli 2012 dst dengan keterangan siswa baru terkecuali siswa pindahan harus sesuai dengan data mutasi
coba lakukan hal-hal sebagai berikut :
1. Periksa kembali kolom pengisian “Data Pribadi” siswa pada bagian Tab Peserta Didik, biasanya disana ada beberapa kolom yang seharusnya dikosongkan, tetapi terisi oleh angka 0 atau tanda “strip” ( – ), seperti pada kolom “Berkebutuhan khusus, Nomor Telepon, Nomor HP, Nama Wali” dan rincian lainnya.. bila benar ada isiannya hapus isian yang bersangkutan.
2. Pada kolom “Data Rincian bagian Data Periodik” dalam hal pengisian jarak “kurang dari 1 km” meski jaraknya tidak diisi tapi waktu tempuh untuk kolom menitnya harap diisi.
3. Pada Tab PTK periksa kembali kolom “penugasan” terutama dalam pencentangan Keaktifan PTK, Bulan yang dicentang harus sampai bulan “Nopember”.
4. Pada Tab PTK bagian “Ubah”, periksa kembali seluruh pengisian pada bagian “Edit PTK terutama pada kolom NIP, biasanya masih suka ada ditemukan pengisian dari hasil data prefill yang pengisian NIP-nya menggunakan spasi sehingga data NIP hilang sebagian.
5. Pada Tab PTK bagian “Data Rincian” periksa kembali dalam hal “Tugas Tambahan” dan “Rw. Jabatan Struktural” kolom ini seharusnya bagi guru tidak terisi datanya (dikosongkan), tetapi utk beberapa kasus masih banyak kolom ini yang terisi datanya, bila terjadi seperti ini maka hapus data isiannya.
NB :
- Kesalahan ini biasanya juga berpengaruh pada kesuksesan atau keberhasilan unduh “Profil Sekolah” dan “Absensi
Apa yg harus kita lakukan ….
1.      Pastikan aplikasi telah selesai mengirim data kosong 100%
2.      Periksa dulu apakah sinkronisasi kita keteranganya seperti itu sukses atau gagal
3.      Refres data sync yang ada di beranda aplikasi
4.      Kalau berhasil sync nya akan muncul waktu pengiriman dan selesainya
5.      Masuk ke cek progres pengiriman di http://118.98.166.59/exreport
6.      Hasil di progress pengiriman tidak lngsung ada setelah kita sinkron, jadi sabar dulu lihat dalam 1 x 24 jam setelah kirim. Jika ada itu artinya Sukses, Jika tidak itu artinya gagal …
7.      ika gagal, periksa terus data kita yang ada di aplikasi.jika di rasa sudah valid, lakukan sinkronisasi lagi dan lagi hingga sukses. karena server padat, saya sarankan cari jam jam tertentu tengah malam atau pagi hari
8.      Jika gagal, mengapa di aplikasi sudah ada keterangan mulay sinch dan sukses??

9.      Aplikasi sudah siap mengirimkan database ke server 100% tetapi gagal masuk ke server.Penyebabnya mugkin modem kita/jaringan yang lelet atau data corrupt/rusak.Sedngkn antrian yang padat. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teori Belajar Ausubel dan penerapannya dalam pembelajaran IPA SD

CONTOH SOAL ASESMEN SUMATIF AKHIR KELAS 3

MAKALAH WACANA BAHASA INDONESIA