pengertian menulis

              Menulis sebagai keterampilan adalah kemampuan seseorang dalam mengemukakan gagasan dan pikirannya kepada orang aatau pihak lain dengan melalui media tulisan. Nurjamal (2001:68) mengatakan bahwa “ setiap penulis pasti memiliki tujuan dengan tulisannya antara lain mengajak, menginformasikan, meyakinkan, atau menghimbau pembaca” selanjutnya Tarigan (2004:36) mengatakan “menulis merupakan sebuah proses kreatif menuangkan gagasan dalam bentuk bahasa tulis untuk tujuan, misalnya memberitahu, meyakinkan, dan menghibur.
             Mawardi (2009:13) mengatakan
Menulis merupakan kegiatan intelektual sekaligus aktivitas fisik yang lumayan menguras tenaga dan pikiran. Tidak mungkin Anda menulis hanya menggunakan pikiran saja, tanpa mengeluarkan tenaga. Sebaliknya, tidak mungkin anda menulis hanya mengandalkan tenaga tanpa pikiran. Itulah sebabnya banyak orang yang mempunyai pikiran bernas, cemerlang, dan brilian, tetap saja tidak mampu menuli karena tidak punya cukup waktu dan tenaga untuk melakukannya. Banyak juga orang punya waktu dan tenaga, tetapi tidak bisa menulis karena kekurangan ide atau pikiran.

          Tujuan menulis menurut semi (2004:16) ada lima macam yakni:
1) Untuk menceritakan sesuatu
          Menceritakan sesuatu maksudnya agar orang lain atau pembaca tahu apa yang di alami yang bersangkutan, tahu tentang impian-impian dan pemikiran penulis.
2) Untuk memberikan petunjuk atau pengrahan
         Dalam kehidupan sehari-hari banyak kita jumpai tulisan yang bersifat memberi petunjuk seperti, petunjuk minum obat pada botol obat. Jawaban permasalahan pada surat pembaca di majalah atau koran.
3) Untuk menjelaskan sesuatu
         Menulis merupakan sarana untuk menjelaskan sesuatu masalah atau keadaan kepada pembaca secara gamblang.
4) Untuk meyakinkan
          Maksudnya adalah untuk meyakinkan pembaca terhadap sesuatu produk, masalah, keyakinan dan lain sebagainya melalui karya tulis.
5) Untuk merangkum
          Maksudnya adalah membuat ringkasan dari sesuatu masalah atau bahan, menulis untuk membuat rangkuman biasanya dijumpai pada siswa maupun mahasiswa dalam membuat ringkasan pelajaran

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teori Belajar Ausubel dan penerapannya dalam pembelajaran IPA SD

CONTOH SOAL ASESMEN SUMATIF AKHIR KELAS 3

MAKALAH WACANA BAHASA INDONESIA