pemerolehan bahasa pertama

KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SAW yang senantiasa melimpahkan rahmat dan karunianya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini. Sholawat dan salam dan tidak lupa penulis aturkan pada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, keluarga, beserta pengikutnya hingga akhir zaman. Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas dari dosen mata kuliah “ Seminar Bahasa indonesia “. Adapun judul yang diambil oleh penulis “ Perbandingan kata-kata yang diucapkan oleh anak pada usia 1,5 tahun dengan anak usia 4 tahun “.
Dalam penyusunan makalah ini tidak terlepas dari bantuan dan motivasi semua pihak, maka dari itu dalam kesempatan baik penulis mengucapkan terima kasih yang setulus - tulusnya kepada Para Dosen Pengajar, rekan - rekan Bahasa dan Sastra Indonesia Semester VII ( Tujuh ).
Sebagai manusia biasa penulis menyadari bahwa dalam penyusunan makalah tersebut masih banyak kekurangan, baik dari segi isi maupun penulisan, maka penulis mengharapkan saran dan kritik dari pembaca yang sifatnya membangun demi kesempurnaan makalah tersebut.
Akhir kata semoga makalah ini bisa membawa manfaat dan berguna bagi mahasiswa “ STKIP - PGRI LUBUKLINGGAU “ khususnya dan masyarakat umumnya. Amin Yarobal Alamin.
                            Lubuklinggau,    Januari 2010

                                      Penyusun 



i
DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR ….....................................................................     i
DAFTAR ISI ……………………………………………………        ii
    BAB I PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang…………….. ……………………………    1
1.2    Rumusan Tujuan …..................................................     1
1.3    Tujuan Masalah …....................................................     1
BAB II PEMBAHASAN
2.1    Pengertian Pemerolehan Bahasa Pertama……………    2
2.2    Perbandingan Kata-Kata yang Diucapkan oleh
Anak Usia 1,5 tahun dengan 4 tahun …….……….…….    3       
    BAB III PENUTUP
        3.1     Kesimpulan ………………………………………………    4   
        3.2    Saran ………………………………………………        4   
    DAFTAR PUSTAKA
       


ii


BAB I
PENDAHULUAN
1.2    Latar Belakang
    Penguasaan sebuah bahasa oleh seorang anak dimulai dengan pemereolehan bahasa pertama yang sering kali disebut bahasa ibu (BI). Pemerolehan bahasa merupakan sebuah proses yang sangat panjang sejak anak belum mengenal sebuah bahasa samapai pasih berbahasa. Dari permasalahan diatas penyusun mengangkat judul yang tersebut diatas.

1.3    Rumusan Masalah
    1.    Apakah pengertian pemerolehan bahasa pertama?
2.     Bagaimana perbandingan kata-kata yang diucapkan oleh anak usia 1,5tahun dengan 4tahun?

1.4    Tujuan
    -     Agar kita dapat mengetahui masalah yang berkaitan dengan PB I
    -     Untuk menambah pengetahuan kita bersama





1
BAB II
PEMBAHASAN
2.1    Pengertian Pemerolehan Bahasa
    Proses anak mulai mengenal komunikasi dengan lingkungannya secara verbal disebut dengan pemerolehan bahasa anak. Pemerolehan bahasa pertama (Bl) (anak) terjadi bila anak yang sejak semula tanpa bahasa kini telah memperoleh satu bahasa. Pada masa pemerolehan bahasa anak, anak lebih mengarah pada fungsi komunikasi daripada bentuk bahasanya. Pemerolehan bahasa anak-anak dapat dikatakan mempunyai ciri kesinambungan, memiliki suatu rangkaian kesatuan, yang bergerak dari ucapan satu kata sederhana menuju gabungan kata yang lebih rumit.
2.2    Perbandingan Kata-Kata yang Diucapkan oleh  Anak Usia 1,5 tahun dengan 4 tahun
    Berdasarkan hasil penelitian pemerolehan bahasa pertama pada anak usia 1,5 tahun dan 4 tahun. Kata-kata yang Ia ucapkan dapat kita lihat sebagai berikut :
No    Nama    Usia     Kata yang Diucapkan     Arti
1    Ajis     1,5 tahun     -“ko-kok”
-“na-na”
-“na-na”
-“auk”
-“pa”
-“ekh”    -“rokok”
-“kemana”
-“celana”
-“mau”
-“papa”
-“buang air besar”
2    Tata     4 tahun     -“ya awwah”
-“tamu nih”
- “bakang”
-“senti-menteng”
-“anggung”
-“teanjang”    -“ya Allah”
-“kamu ini”
-“bakar”
-“senti- meter”
-“buah anggur”
-“telanjang”
2
    Dari hasil penelitian tersebut dapat kita simpulkan bahwa, anak yang berusia 1,5 tahun mulai menggunakan serangkaian bunyi berulang-ulang untuk makna yang sama. Pada usia ini anak itu sudah mengerti bahwa bunyi ujaran berkaitan dengan makna dan mulai mengucapkan kata-kata yang pertama. Tahap ini boleh dinamakan satu kata sama dengan satu frase atau kalimat, yang berarti bahwa satu kata yang diucapkan oleh anak itu merupakan satu konsep yang lengkap seperti pada kolom yang diatas.
    Sedangkan pada anak yang berusia 4 tahun, anak tersebut sudah mampu menggunakan lebih dari dua kata maka sejumlah kata yang dipakai dapat tiga, empat, bahkan lebih. Hubungan sintaksis sudah mulai tampak dengan jelas, meskipun kata-kata yang diucapkan masih sederhana.
Contoh:  “tamu nih” (kamu ini).
    Pada tahap ini dapat kita sebut dengan tahap menyerupai telegram.










3
BAB III
PENUTUP
3.1    Kesimpulan
    Proses anak mulai mengenal komunikasi dengan lingkungannya secara verbal disebut dengan pemerolehan bahasa anak. Dan dari hasil penelitian tersebut dapat kita simpulkan bahwa, anak yang berusia 1,5 tahun mulai menggunakan serangkaian bunyi berulang-ulang untuk makna yang sama. Sedangkan pada anak yang berusia 4 tahun, anak tersebut sudah mampu menggunakan lebih dari dua kata maka sejumlah kata yang dipakai dapat tiga, empat, bahkan lebih.
3.2    Saran
     Untuk memajukan dan meningkatkan pengetahuan kita bersama ada baiknya pembahasan ini kita pelajari bersama.











4
DAFTAR PUSTAKA
Utari Subyakto, Sri – Nababan. 1992. Psikolinguistik Suatu Pengantar.
Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teori Belajar Ausubel dan penerapannya dalam pembelajaran IPA SD

CONTOH SOAL ASESMEN SUMATIF AKHIR KELAS 3

MAKALAH WACANA BAHASA INDONESIA