Instrumen Penilaian Guru

INSTRUMEN PENILAIAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

NAMA SEKOLAH            : SD. ISLAM AZHARIYAH
NAMA GURU                : Linda Asmara,S.Pd.I
MATA PELAJARAN            :
KELAS                    :
SESMESTER                : GANJIL
TAHUN PELAJARAN            : 2011 – 2012

No    Komponen / Substansi yang diharapkan    Skor Keseuaian   SS (4)    S  (3)    CS (2)    KS (1)    Jumlah Skor catatan
  
1    RPP dibuat untuk satu KD                       
2    SK, KD dan indikator sesuai silabus                       
3    Alokasi waktu sesuai dengan alokasi Waktu pada KD silabus dan programTahunan                       
4    RPP ditetapkan banyaknya pertemuan/ tatap muka                       
5    Rumusan tujuan pembelajaran berupa penjabaran indikator yang harus dicapai siswa dengan             alat/media yang sudah ditetapkan dalam kegiatan pembelajaran dalam silabus                       
6    Materi ajar berupa penjelasan materi untuk setiap indikator sesuai silabus                       
7    Metode pembelajaran sesuai dengan kegiatan pembelajaran yang dirumuskan dalam silabus                       
8    Langkah-langkah pembelajaran merupakan langkah-langkah yang dirumuskan dalam silabus                       
9    Setip pertemuan ditulis kegiatan pembelajaran berikut langkah-langkahnnya                       
10    Langkah-langkah pembelajaran Setip pertemuan ada kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup                       
11    Kegiatan pendahuluan tergambar prasarat yang harus dikuasai siswa, pemberian motipasi, menyiapkan siswa untuk belajar dan alokasi waktu 5-15 menit                       
12    Kegiatan inti dituliskan pokok-pokok kegiatan guru dan siswa sebagai gambaran pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang sudah dirumuskan pada silabus                       
13    Materi kegiatan inti berupa kajian materi tatap muka (materi esensial bahan ajar) dan tugas terstruktur ( tugas siswa yang direncanakan guru untuk mendalami dan mengembangkan materi tatap muka)                       
14    Materi tatap muka dan tugas terstruktur dibuat LKS                       
15    Dalam kegiatan inti tergambar urutan penyajian berupa informasi / tugas siswa, prestasi, diskusi, tanya jawab, menyimpulkan dan refleksi                        
16    Kegiatan penutup ada tergambar siswa membuat rangkuman/ mencatat kesimpulan dan TMTTS adalaah tugas yang dirancang guru untuk mendalami / mengembangkan materi tatap muka yang pelaksanaannya diluar jam tatap muka alokasi waktu 5-15 menit                       
17    TMTS diberikan secara tertulis / LKS                       
18    Alokasi waktu TM Ts dan TMTTS  40% dari jam tatap muka                       
19    Penilaian sesuai dengan teknik penilaian pada silabus                       
20    Penilaian dibuat instrumennya dan pedoman penilaian / skornya                       

21    Instrumen soal uraian dan peraktik dibuat pedoman penilaian / skornya                       
22    RPP dibuat sebelum mengajar dan diketahui oleh kepala sekolah                       
23    Alat/bahan/sumber belajar sesuaidengan alat / media kegiatan pembelajaran yang telah dirumuskan dalam silabus                         
    Jumlah skor                       

Ket:
Jumlah skor maksimum = 92
SS (sangat sesuai), S (sesuai), CS (cukup sesuai), KS (kurang sesuai)

Kategori Skor dan Rekomendasi
Jumlah Skor    Kategori    Rekomendasi
70 - 90    Amat Baik    OK
47 - 69    Baik     OK, sempurnakan substansi komponen yang belum sesuai
24 - 46    Cukup     Revisi substansi komponen yang belum sesuai
1   - 23    Kurang     Perbaiki substansi komponen yang belum sesuai
Saran Perbaikan / Penyempunaan
No    Komponen    Saran perbaikan / penyempurnaan
1    SK / KD Indikatorr   
2    Alokasi Waktu / Banyak Pertemuan   
3    Tujuan Pembelajaran   
4    Metode Pembelajaran / Materi Ajar   
5    Langkah Langkah Pebelajaran
    Pendahuluan

    Inti


    Penutup   
6    Penilaian   
7    Alat/Bahan/Sumber Belajar   
8    Lain - Lain   

Lubuklinggau,
Guru Kelas                                                                   Supervisor   


Linda Asmara,S.Pd.I                                                  Mesagus Syaiful amin
                                                                                  NIP.  19680818200701 1 009               
Mengetahui
Kepala Sekolah


Effendi, S.Pd.
NIP. 19551104197803 1 002














LEMBAR PENILAIAN RENCANA PEMBELAJARAN (PBM 01)
Nama Sekolah                                           : SD Islam Azhariyah
Guru                                                            : Linda Asmara,S.Pd.I
Mata Pelajaran                                         :
Tema / Topik Pembelajaran                   :
Waktu                                                        :
Hari / Tanggal                                           :
Petunjuk:
    Berilah penilaian RPP yang dibuat guru sesuai aspek-aspek yng ada
    Semakin baik yang ditampilkan semakin tinggi nilainya (1-4)

    MERENCANAKAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN                Skala Nilai
    Merumuska KD dan indikator                                                           1    2    3    4
    Menentukan metode pembelajaran                                                     1    2    3    4
    Menentukan langkah-langah pembelajaran                                          1    2    3    4
    Menentukan alokasi waktu                                                                 1    2    3    4
    Menentukan pengalaman belajar siswa                                                1    2    3    4
        Rata-rata
    MERENCANAKAN PENGORGANISASIAN MATERI PEMBELAJARAN
    Kesesuaian materi pembelajaran dengan kurikulum                              1    2    3    4
    Mengembangkan materi pembelajaran yang sesuai                               1    2    3    4
Dengan perkembangan siswa        Rata-rata
    MERENCANAKAN PENGELOLAAN KELAS
    Penataan ruang kelas                                                                          1    2    3    4
    Pengorganisasian siswa aktif dalam pembelajaran                                1    2    3    4
Rata-rata
    MERENCANAKAN PENGUASAAN SUMBER MEDIA PEMBELAJARAN
    Memilih sumber pembelajaran                                                            1    2    3    4
    Menentukan penggunaan media/alat pembelajaran                              1    2    3    4
Rata-rata
    MERENCANAKAN PENILAIAN
    Menentukan bentuk, prosedur dan teknik penilaian                             1    2    3    4
    Menyusun alat penilaian                                                                      1    2    3    4
Rata-rata
    PENAMPILAN PISIK RENCANA PEMBELAJARAN
    Penggunaan bahasa tulis                                                                      1    2    3    4
    Kerapihan dan kebersihan                                                                   1    2    3    4
 Rata-rata

Nilai Akhir =     (jumlah nilai rata-rata)/6 =
Komentar / Saran





Lubuklinggau,
    Penilai                                                                             Guru Kelas



    Mesagus Syaiful amin                                                    Linda Asmara,S.Pd.I
    NIP. . 19680818200701 1 009           
                                                                                       Mengetahui
                                                                                        Kepala Sekolah

keterangan
    = 3,28 – 4,00 Sangat Memuaskan
    = 2,78 – 3,27 Memuaskan                                             Effendi, S.Pd
    = 2,38 – 2,77 Kurang Memuaskan                                NIP. 19551104197803 1 002

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teori Belajar Ausubel dan penerapannya dalam pembelajaran IPA SD

CONTOH SOAL ASESMEN SUMATIF AKHIR KELAS 3

MAKALAH WACANA BAHASA INDONESIA